Ngeblog Merupakan Sedekah Ilmu Pengetahuan

Bagi sebagian orang yang gemar berinternet pasti sudah tahu dan mengerti apa itu blog, tapi tidak sedikit pula yang tidak paham apa itu blog, mereka hanya sering mendengar kata blog namun belum mengetahui secara pasti arti atau fungsi dari blog itu sendiri.

Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blogger merupakan istilah atau sebutan untuk pengguna blog. Sedangkan Blogging atau Ngeblog adalah aktifitas menggunakan blog, sejauh mana para blogger itu meng-update template atau isi konten pada blognya.

Blog bisa juga dibilang semacam buku diary atau gallery online, dimana kita bisa menulis semua catatan atau artikel tentang apapun sesuai dengan keinginan kita, juga berbagi foto dan video. Blog pun bisa menjadi tempat untuk berdiskusi karena banyak juga yang menyediakan kolom "forum". Blog mulai diperkenalkan oleh Blogger pada tahun tahun 2002 dan semakin populer sampai saat ini.

Ngeblog merupakan sedekah ilmu pengetahuan, kenapa? Karena blog sebagai media untuk berbagi informasi, banyak hal yang bisa kita cari tahu lewat tulisan, audio maupun video yang di posting, mulai dari A-Z, mulai dari hal yang biasa sampai yang mustahil pun ada. Para blogger tentu merasa senang bisa berbagi memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain, ada rasa bangga tersendiri ketika postingan kita dikomentar oleh orang lain.

Dunia blog saat ini semakin maju dan blogger pun semakin kreatif untuk ngeblog, ngeblog bukan lagi sekedar hobi namun juga bisa menghasilkan uang. Jika blog atau isi konten bagus, banyak orang atau perusahaan yang ingin menjadi media partner, seperti memasang iklan pada blog. Sekarang ini hampir di setiap daerah sudah mempunyai komunitas blogger. Dengan adanya komunitas blogger, tentu ini sangat membantu bagi yang ingin belajar mengenai blog atau menjadikan blogger lebih kreatif lagi sehingga benar-benar bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Selamat ngeblog!

4 comments:

  1. bener banget bangg. dengan blog kita bisa beredekah, dan sedekahnya jariyah tuhh, gak putus2 hehehe

    ReplyDelete
  2. Ada hadits: sampaikanlah walau satu ayat.
    Senang ketika kita bisa memberi sesuatu yang bermanfaat utk orang lain :)

    ReplyDelete
  3. buat lah blog yang menarik temanya n bermanfaat,,trus pasti bisa di baca ama orang di seluruh dunia..(amal jariyah)

    ReplyDelete