Ramadhan dan Idul Fitri Adalah Momen Dari Segala Momen

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat spesial bagi umat Islam dimanapun berada, khususnya di Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Banyak tradisi atau hal-hal unik yang khusus dilakukan pada saat bulan ramadhan saja. Bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri memang bisa dibilang momen dari segala momen. Terlebih di bulan ramadhan terdapat satu malam yang sangat istimewa, malam yang lebih baik diantara malam 1000 bulan, yaitu malam lailatul qadar. Momen yang tepat untuk bisa berkumpul, bersilaturahmi, beramal, berbagi, saling memaafkan, dan lain sebagainya. Meskipun di bulan lain kita beraktifitas atau mempunyai kegiatan yang sama, namun di bulan ramadhan ini seperti mempunyai magnet yang sangat kuat, sehingga kegiatan yang dilakukan pada bulan ramadhan lebih berkesan.

Aktifitas dan mobilitas di bulan ramadhan lebih tinggi dibanding bulan lainnya. Dalam bidang ekonomi kita semua bisa melihat dengan banyaknya bazar ramadhan pada sore hari yang menjual takjil, makanan, cinderamata, ataupun pakaian dan di bazar ini selalu ramai pengunjungnya. Tidak hanya di bazar, hampir semua tempat makan di lokasi kaki lima maupun restoran yang mahal ramai pengunjung pula, tidak ketinggalan mall yang tentunya menyediakan segala kebutuhan kita.

Dalam bidang sosial, berdasarkan hasil pengamatan saya pribadi. Banyak kelompok atau individu yang berlomba untuk berbuat kebaikan, seperti Bakti sosial ke panti sosial yang tujuannya memang untuk beramal, selain itu pasti temen semua banyak yang mengadakan acara buka bersama, menjaga tali silaturahmi dan kekompakan.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, hal ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja tapi orang lain yang beragama non-islam pun mungkin merasakan dampak positif dengan segala kegiatan di bulan ramadhan ini.

No comments:

Post a Comment