Kerupuk-Kerupuk Khas Cirebon

Cirebon dikenal sebagai Kota Udang karena jaman dahulu produksi udang di kota ini memang melimpah ruah bahkan sampai bisa di ekspor, namun sekarang tak begitu banyak udang yang dihasilkan dibandingkan dengan jaman dahulu. Oleh-oleh khas cirebon yang terkenal adalah batik yang bermotif mega mendung, nasi jamblang, dan yang pasti terasi udang atau terasi rebon.

Selain oleh-oleh yang tadi disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi khas Cirebon yang tidak bisa saya uraikan dalam satu judul karena Cirebon itu memang kaya akan ciri khasnya, yang unik adapula beberapa kerupuk khas cirebon.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Kerupuk yang terbuat dari olahan udang pilihan, kerupuk ini memang rasa udang, oleh karena itu disebut kerupuk udang.


Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Melarat, dalam bahasa jawa artinya miskin. Kenapa bisa disebut kerupuk melarat?karena kerupuk ini tidak digoreng mengunakan minyak, tetapi kerupuk ini digoreng dengan menggunakan pasir yang panas. Walaupun digoreng dengan pasir, tetapi kerupuk ini bersih, seperti yang anda lihat digambar. yang pasti kerupuk ini bebas dari minyak, orang Cirebon biasanya makan kerupuk ini dengan sambel asem.


Kerupuk Kulit

Kerupuk Kulit
Denger dari namanya memang agak aneh. Banyak yang penasaran sebenarnya ini terbuat dari kulit apa?kerupuk ini berbahan dasar kulit sapi yang diolah sedemikian rupa hingga rasanya begitu nikmat. Sebagian orang makan kerupuk ini sebagai pelengkap saat makan empal gentong. Dan yang harus anda ketahui, ternyata kerupuk kulit ini mempunyai khasiat untuk kesehatan kita.

Itulah beberapa kerupuk khas dari Cirebon, yang bisa anda dapatkan di toko oleh-oleh di daerah Cirebon.

4 comments: