Pandangan Pria Terhadap Wanita Karir


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wanita karir adalah wanita yang berkecimpung di kegiatan profesi (usaha, perkantoran, dsb). Pendapat lain mengatakan bahwa wanita karir adalah wanita yang menjadikan karir atau pekerjaannya secara serius dibandingkan dengan kegiatan pribadinya yang lain.

Ada pro dan kontra tentang pandangan seseorang terhadap wanita karir. Sebagian besar pria berpendapat kontra mengenai pandangan wanita karir dengan alasan sibuk, jarang dirumah, kurangnya komunikasi dan perhatian terhadap keluarga, terutama perhatian kepada anak. Sebagian pria juga berpendapat kalau wanita tidak usah bekerja karena mereka merasa mampu menafkahi anggota keluarganya, sehingga wanita cukup menjadi ibu rumah tangga saja.

Disisi lain, pandangan assertive pria kalau wanita berkarir hanya untuk mengejar kepentingan dunia dan terkesan merendahkan pria yang notabene sebagai kepala keluarga. Tetapi jika karir seorang wanita itu bertujuan untuk meraih cita-cita bersama dalam berkeluarga, seperti untuk membeli rumah atau kendaraan yang memang harganya tak cukup dibiayai seorang diri, menurut saya perlu dipertahankan karirnya.

Pandangan positif lain, pria berpendapat bahwa wanita karir adalah wanita yang mandiri, tak manja, mereka mampu bertanggung jawab, bias membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan tanpa mengesampingkan statusnya sebagai Ibu/isteri dalam rumah tangga.

Itulah beberapa pandangan terhadap wanita karir, setiap orang mempunya pemikiran yang berbeda, yang penting adalah kita harus tahu terlebih dahulu apa tujuan wanita itu untuk berkarir. Ada wanita yang berkarir hanya untuk memenuhi kebutuhan dunianya sendiri, ada wanita yang berkarir karena menjadi tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, dan ada wanita yang berkarir karena tidak ingin dipandang rendah oleh orang lain.


1 comment:

  1. kalo gue pengennya jadi wanita karir yg bertanggung jawab sama keluarga..

    ReplyDelete