Mau Tahu Cirebon Yang Kekinian? Yuk Dateng Ke Festival Pesona Cirebon Akhir Bulan Ini

Salah satu gerbang Keraton Kasepuhan | foto : teknopers.com
Mungkin kalian sering atau pernah denger kalo selama ini Cirebon lebih sering disebut sebagai kota transit karena letak wilayah Cirebon ini berada jalur yang memang nyaman untuk disinggahi karena perjalanan dari Ibu Kota Jakarta menuju Pulau Jawa bagian tengah dan timur melalui jalur pantura memang jauh.

Dari pengamatan saya secara sadar dan gak sadar, beberapa tahun belakangan ini perkembangan Cirebon bisa dibilang cukup pesat, dalam kurun waktu satu tahun ini banyak hotel yang baru saja diresmikan, terlebih lagi dengan diresmikannya jalan tol terpanjang di Indonesia, yakni Tol Cipali. Cirebon pun mulai berbenah agar menjadi kota tujuan wisata, bukan lagi sebagai kota transit. Demi mewujudkan harapan tersebut, Pemerintah Daerah dan Keraton Kasepuhan mengagendakan "Festival Pesona Cirebon" pada tanggal 31 Maret s/d 2 April 2016. 

Sebenernya apasih Festival Pesona Cirebon itu? saya sendiri awalnya tidak tahu, dan setiap kali pulang kerja lewat jalan bypass yang kebetulan lewat Gua Sunyaragi juga, saya cuma ngeliat spanduk-spanduk yang berjejer dipinggir jalan bertuliskan "Festival Pesona Cirebon, 31 Maret - 2 April 2016", pas saya cek timeline instagram nemu gambar banner lomba fotografi yang sepertinya masih rangkaian acara Festival Pesona Cirebon, selang beberapa cek timeline twitter, eh nemu banner soal seminar kepariwisataan dari acara festival pesona cirebon juga. wah, sepertinya seru juga kalo ikut acara itu.

Seperti bujuk dicinta ulam pun tiba, besoknya saya di BBM sama paketu Blogger Cirebon,  Santosa. kalo beberapa Anggota REBON.org bakal diundang untuk liputan penuh acara festival pesona Cirebon pada kamis nanti 31 Maret s/d 2 April. Wah saya antusias sekali biar terpilih untuk ikut liputan. 

Dikutip dari laman republika.co.id, semua potensi Cirebon akan ditampilkan pada festival ini, dan melalui Festival Pesona Cirebon ini pula Sultan Kasepuhan berharap festival ini bisa mengangkat potensi dan wisata yang ada di Cirebon, baik itu wisata religi, budaya, kuliner, maupun wisata lainnya. Nampaknya Cirebon sangat serius untuk menggarap menjadi kota tujuan pariwisata, ini bukan lagi wacana belaka.

Buat kamu yang mau dateng ke Festival Pesona Cirebon, ini jadwal yang saya dapet dari Boadcast BBM Blogger Cirebon :
  • 31 Maret 2016
    09.00 - 16.00 WIB : Gamelan renteng di Keraton Kasepuhan.
    14.00 WIB : Seminar pariwisata di Cirebon Waterland.
    19.00 s/d selesai : Pagelaran seni di Panggung Budaya Gua Sunyaragi.
  • 1 April 2016
    09.00 - 16.00 WIB : Renteng dan jaran lumping di Pesanggrahan Gua Sunyaragi, Seni Hadroh di Srimanganti Keraton Kasepuhan, Seni Gembyung di Astana Gunung Jati.
    14.00 WIB : Lomba dayung, perahu hias, dan ngejala di Pantai Cirebon Waterland.
    19.00 s/d selesai : Pagelaran kesenian di Panggung Budaya Gua Sunyaragi.
  • 2 April 2016
    09.00 - 16.00 WIB : Buroq dan Sisingaan di Pesanggrahan Gua Sunyaragi, Seni gembyung di Astana Gunung Jati, Aneka tarian Cirebon di Srimanganti Keraton Kasepuhan.
Selain acara yang tertulis diatas, ada juga pameran lomba foto, pameran cinderamata, festival kuliner, dan masih banyak lagi agenda lainnya.

Jadi tunggu apalagi, ayo berwisata ke Cirebon.
Kamu Blogger? hayu kita sekalian join bareng :D

No comments:

Post a Comment