Pesona Cirebon Yang Bakal Menjadi Primadona Wisata Indonesia

Menpar RI, gubernur Jabar, dan para raja se-nusantara saat pembukaan festival pesona cirebon
Kemarin (31/03/2016) baru saja diresmikan event yang spektakuler, Festival Pesona Cirebon. Festival ini merupakan event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI untuk mempromosikan wisata daerah. Festival ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari 31 Maret sampai dengan 2 April 2016. Beragam potensi wisata Cirebon disuguhkan dalam Festival Pesona Cirebon ini.

Kekayaan Cirebon memang harus ditonjolkan lagi agar #PesonaCirebon ini lebih terlihat. Mulai dari wisata kuliner, ada tahu gejrot, krupuk sambel/sambel asem, mie koclok, nasi jamblang, nasi lengko, sate kalong, empal gentong, empal asem, semanggen, kue tapel, emping melinjo, sirup tjampolay, mangga gedong gincu. Dibidang seni, Cirebon punya tari topeng, sintren, lukisan kaca, tarling, gembyung. Untuk wisata religi, Cirebon memiliki 3 Keraton, ada keraton Kasepuhan, keraton kanoman, dan keraton kacirebonan. Selain itu ada pula komplek makam sunan gunung jati, goa sunyaragi, makom sunan kalijaga, dan lainnya.

Wisata kota  tua di cirebon pun ada, karena banyak bangunan peninggalan jaman penjajahan belanda yang sampai sekarang masih berdiri, seperti Gedung BAT, Gedung Bank Indonesia Cabang Cirebon, Gedung Bank mandiri di jalan kantor, bangunan segi 6 di kebumen, bangunan SMP 13,14, dan 16, kantor walikota, rumah dinas bupati Cirebon, dan masih banyak lagi bangunan bersejarah lainnya. Cirebon punya kampung wisata, yaitu kampung wisata batik, di daerah trusmi dan kampung wisata industri rotan Galmantro, di tegal wangi.

Dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon kemarin, Pak Menteri Pariwisata RI, Ir. Arif Yahya mengatakan kalau Cirebon itu sempurna, karena hampir semuanya ada di Cirebon ini. Akses menuju Cirebon pun sangat mudah, mulai dari terminal besar, stasiun, pelabuhan, dan tak lama lagi bandara internasional hadir di majalengka yang notabene adalah kota tetangga. Dengan begitu, para wisatawan tinggal mengatur jadwalnya saja untuk berwisata ke Cirebon ini. Masih bingung mau nginep dimana? hey... Cirebon punya ratusan hotel dengan berbagai fasilitas, tarif taksi Cirebon pun tergolong masih murah.

Masih banyakdestinasi yang diproyeksikan untuk menjadi tujuan wisata, tapi belum saya posting di blog saya ini. hehe..
Jadi tunggu apalagi? Jangan kaget kalau nanti Cirebon bakal jadi primadona wisata Indonesia. Ayo berwisata ke Cirebon, #PesonaCirebon #Pesona Indonesia.

No comments:

Post a Comment