Batik Asli Cirebon Ini Usianya Sekitar 300 Tahun Dan Tidak Akan Dijual


Batik Sawat pengantin. nomer 1 batik asli, dan nomer 2 adalah replikanya.
Selama ini masyarakat umum lebih sering mengenal motif mega mendung sebagai batik asli Cirebon, tapi sebenarnya ada banyak motif lain. Salah satunya adalah batik Sawat Pengantin, jarang yang tau kalau batik motif ini adalah asli dari Cirebon. Sabtu lalu, saya dan tim Blogger dari Kementerian Pariwisata RI mengunjungi rumah batik milik Hj. Ninik yang kebetulan para blogger dari Jakarta, Indramayu, dan Cirebon ini diundang untuk mengikuti rangkaian Festival Pesona Cirebon. Di rumah batik inilah Batik Sawat Pengantin yang asli diperlihatkan kepada para Blogger.

Menurut Ibu Hj. Ninik, batik Sawat Pengantin yang asli ini sudah berusia sekitar 300 tahun, bahan kainnya dari belanda dan pewarnaannya menggunakan bahan alami. Proses pembuatannya pun memakan waktu yang lama sekali, pembuatan bahan dasarnya saja sampe 3 bulan, karena sebelum dibuat konon bahannya ini direndem dulu didalam lumpur. Batik sawat pengantin ini tidak dijual meskipun ditawar lebih tinggi.

Batik ini masih disimpan dengan sangat rapih. Dengan dibungkus plastik bening, batik ini diperlihatkan kepada kami semua, kainnya boleh dipegang tapi batik ini tidak boleh dibuka karena khawatir batik ini akan rusak, jadi batik ini harus dirawat dengan baik.

Pesona Cirebon sungguh luar biasa, Ibu Hj. Ninik sendiri mempunyai replika batik sawat pengantin. Replika batik sawat pengantin ini dijual dengan kisaran harga 30 juta, dan proses pembuatannya itu selama 1 tahun.

Batik Hj. Ninik
Ibu Hj. Ninik merupakan generasi ke-5 sebagai pengusaha batik karena ngebatik ini sudah menjadi tradisi keluarganya secara turun-temurun dan menurutnya ciri khas batik dari Cirebon itu ada digaris dasarnya, dipinggir-pinggirnya ada wit yang berwarna hitam, garis wit ini yang gak bisa ditiru oleh daerah lain. Sampai sekarang pun, rumah batik Ninik Ichsan ini masih terus berinovasi  untuk mencari motif-motif yang bagus.

Penasaran? Ayo Berwisata ke Cirebon. Pesona Cirebon, Pesona Indonesia.

No comments:

Post a Comment