Cirebon Segera Resmikan Kampung Wisata Industri Rotan, Galmantro


Selain batik, Cirebon punya salah satu unggulan lain, yaitu industri rotan. Cirebon menguasai 60% pasar industri rotan nusantara, artinya sebagian besar wilayah Indonesia ini dikuasai oleh rotan yang berasal dari Cirebon. Untuk pasar luar negeri atau dunia, Indonesia hanya menguasai 30% saja.

Mba Terry, travel blogger asal Jakarta yang sedang mencoba salah satu alat di pabrik rotan
Pusat industri rotan Cirebon terletak di Desa Tegalwangi Kabupaten Cirebon, kalau di Trusmi sebagian besar warganya pengrajin batik, kalau di Tegalwangi ini sebagian besar warganya pengrajin rotan. Siapapun boleh berkunjung kesini untuk melihat semua proses pembuatan mebeler rotan karena desa tegalwangi sendiri sedang diproyeksikan untuk menjadi kampung wisata pusat kerajinan rotan, Galmantro. rencananya, awal tahun 2017 Kampung Wisata Rotan Galmantro ini sudah bisa diresmikan.

proses pembuatan kerangka kursi
Pesona Cirebon yang satu ini bisa jadi salah satu destinasi favorit bagi kaum wanita, karena hasil karya rotan disini semuanya bagus-bagus dan bernilai artistik. Saya dan tim Blogger #PesonaCirebon sangat bersyukur sekali minggu lalu diberi kesempatan oleh Bappeda kabupaten Cirebon untuk tour wisata rotan di tegalwangi. Karena waktu yang begitu padet, jadi kami hanya berkeliling ke-2 lokasi saja, yang pertama ke tempat proses pembuatan kerangka dan proses penghalusan rotan.

proses menganyam kursi 
Menurut Pak Solihin, salah satu pengurus dari yayasan kampung wisata rotan menjelaskan dalam satu kursi ini tidak bisa dikerjakan oleh satu orang karena setiap orang mempunyai keterampilannya masing-masing. ada yang khusus membuat kerangka sampai ada yang memang keterampilannya menganyam, jadi satu kursi bisa dikerjakan sekitar 9 orang.

salah satu hasil kerajinan rotan

1 comment:

  1. dari semua tempat wisata di Cirebon Kampung Wisata Industri Rotan ini sepertinya termasuk daftar tempat wisata yang sangat sayang kalau mampir di Cirebon tidak berkunjung ke sana, terima kasih artikelnya

    ReplyDelete