Mau Ke Cirebon? Jangan Lupa Berkunjung Ke Kawasan Kota Tua Cirebon

Gedung Bank Indonesia Cirebon

Dulu Cirebon seringkali disebut sebagai Kota Wali, karena Cirebon ini memang kental banget sama sejarah. Mulai dari sejarah masuknya Islam ke Indonesia, sejarahnya wali songo, sejarah kerajaan-kerajaan Indonesia, sampai sejarah kemerdekaan pun banyak jejaknya di Cirebon ini. Luar biasa kan Cirebon ini?

Cirebon memang mempunyai pesonanya sendiri. Tahukah kamu? kalau Kota Cirebon mempunyai kawasan Kota Tua, tepatnya di wilayah kecamatan Lemahwungkuk. Pesona Cirebon memang luar biasa, banyak bangunan-bangunan tua peninggalan jaman belanda yang ada di kawasan ini, dan beberapa diantaranya masih digunakan untuk perkantoran maupun sekolah.

Kalau kamu mau ke kawasan Kota Tua Cirebon. Pertama, di jalan Yos Sudarso, ada Gedung Bank Mandiri, Klenteng Dewi Welas Asih yang merupakan klenteng tua dan Klenteng tersebesar di Cirebon. Ada juga Gedung Bank Indonesia Cirebon yang sampai sekarang masih digunakan, dan jarang ada yang tahu kalau di dalem gedung BI Cirebon ini ada sebuah makam, konon katanya itu adalah makam orang belanda yang merupakan pendiri dari Gedung BI Cirebon, dan setiap tahun ada keluargnya dari belanda untuk berziarah ke makam pendiri Gedung BI Cirebon itu. Selain gedung BI Cirebon, ada juga Kantor Pos Cirebon, di depan Kantor Pos Cirebon ini ada tugu Titik Nol Kilometer Cirebon. Disini ada juga Gereja Tua.
Gedung Bank Mandiri Cirebon

Masih disekitaran jalan Yos Sudarso, ada alun-alun Kebumen. Diseitaran alun-alun kebumen ini ada Gedung Niaga, yang dulunya merupakan gedung pusat perdagangan antar pulau bahkan antar negara, khususnya perdagangan tentang rempah-rempah. Masih dipinggir alun-alun, ada 3 sekolah yakni SMP negeri 13 Cirebon, SMP Negeri 14 Cirebon, dan SMP negeri 16 Cirebon yang gedungnya masih jadul bersejarah banget. Pas dipinggiran alun-alun kebumen, ada gedung segi 6.

Bergeser ke Jalan Pasuketan, ada Gedung BAT (British American Tobaco) sebelumnya ini digunakan untuk produksi rokok Amerika, Gedung BAT merupakan salah satu icon favorit untuk berfoto, dan sepanjang jalan pasuketan-pekiringan ini sebagian toko-tokonya masih asli bangunan tua.
Blogger Jakarta dan Indramayu sedang berfoto di Balaikota Cirebon
Selain dikawasan itu, sebenernya masih banyak bangunan bersejarah lainnya, seperti kantor walikota dan rumah dinas Bupati Cirebon. Namun sayang, Pemerintah Daerah maupun pihak terkait sepertinya belum mengelola kawasan ini untuk dijadikan kawasan wisata terpadu yang merupakan pesona Cirebon yang harus dikembangkan agar tujuan menjadi kota wisata ini tercapai.

3 comments:

  1. Wah ternyata ada destinasi lain selain keraton jika berkunjung ke cirebon, khususnya utk yg suka yg berbau kekunoan :D

    ReplyDelete