Malam Kamisan di Keraton Kacirebonan

Wayang golek yang dipajang di malam kamisan
Malam Kamisan? sebutan untuk acara apaan ya itu? Hhmmm.. mau tau? Sebenernya malam kamisan itu sebutan dari beberapa orang untuk acara yang digelar oleh Keraton Kacirebonan. Acaranya ini baru berjalan 2 minggu yang diadakan setiap malam kamis. Belum ada judul atau nama khusus untuk acara yang rutin diadakan setiap minggunya ini, maka dari itu sebut saja ini nama acaranya malam kamisan. Kalo malam jum'atan atau malam mingguan beda persepsi. Hihihi...


Di malam kamisan ini ada pasar rakyat (pasar malam), kamu mau nyari barang perabotan, pakaian luar sampe pakaian dalam ada disini. Selain pasar rakyat, juga ada pertunjukkan budaya, asyik kan? Gak perlu bayar HTM (Harga Tiket Masuk) buat liat dan nikmatin semua yang disajikan oleh Keraton Kacirebonan ini. Di pertunjukkan budaya, saya baru lihat yang namanya tari topeng beling. Tari topeng beling ini bersifat mistis, orang nginjek-nginjek pecahan beling tapi gak berdarah, gak luka sedikit pun (rada serem juga sih kalo yang penakut mah). Terus ada juga ronggeng bugis, ini kocak banget loh, lucu, menghibur banget. Dan gak ketinggalan ada tari topeng kelana sebagai pembuka acara.

Sebagai anak muda, saya sedikit malu karena saya minim pengetahuan tentang budaya Indonesia, khususnya budaya daerah sendiri, Cirebon. Nah, untuk itu buat kamu yang mau cinta budaya, ayo datang ke malam kamisan Keraton Kacirebonan. Kenali dan cintai ragam budaya kita.

Konon, pertunjukan budaya ini setiap minggunya akan menyajikan pertunjukkan yang berbeda agar masyarakat lebih mengenal budayanya. Yakin deh.. ini acanya cukup seru, ditambah lagi sepanjang acara diiringi musik gamelan. Kalo kamu haus, laper, disini juga ada kamu bisa kulineran khas keraton, dan cuma da di Keraton Kacirebonan, tepatnya di pawon bogana. 

Silahkan nonton cuplikan video Malam Kamisan dibawah ini


No comments:

Post a Comment