Nasi Bogana, Kuliner Khas Dari Keraton Cirebon

Nasi bogana
Kalo kamu ke Cirebon, mungkin yang terbayang duluan adalah nasi jamblang atau nasi lengko. betul? bisa jadi, karena dua kuliner tadi memang yang paling hits dan Cirebon pisan lah pokoknya, makanya wisatawan itu gak klop kalo ke Cirebon tapi gak makan nasi jamblang atau nasi lengko.

Untuk dua kuliner tadi, nasi jamblang dan nasi lengko pasti sudah banyak yang ngeshare, yang jualnya pun banyak banget, terutama di wilayah Cirebon kota.

Tapi... kali ini saya gak akan bahas nasi jamblang ataupun nasi lengko, saya mau sedikit ngebahas tentang nasi bogana. Baru denger ya? iya kan? penasaran nasi bogana itu apa, kaya apa nasinya?

Nasi bogana itu... nasi tumpeng, nasi kuning, ada ayamnya (bisa pilih ayam kampung atau ayam negeri), ada parutan kelapanya, sambel, salad, dan kawan-kawannya ada juga. Kelihatannya memang beda dari nasi kuning biasa, selain dari bentuknya yang tumpengan gitu, rasanya pun beda dengan nasi kuning biasa.

Tahukah kamu...? kalo nasi bogana ini adalah nasi khas dari keraton Cirebon loh, artinya ini nasi bukan sembarang nasi. Keraton-keraton yang ada di wilayah Cirebon, itu punya kuliner khas keratonnya juga, salah satunya ya nasi bogana ini. nasi bogana ini gak bisa kita jumpai, atau kita beli di sembarang tempat makan.

Ada filosofi atau makna dari nasi bogana ini, konon nasi bogana ini dulu disajikan pada waktu tertentu saja, seperti syukuran setelah panen. Bentuknya yang tumpengan, merupakan simbol sebagai rasa syukur kita kepada sang pencipta, Allah SWT.

Nah.. sekarang ini, nasi bogana sudah dijual untuk umum dan kita bisa beli setiap hari loh. dimana tuh belinya? belinya di Pawon Bogana, lokasinya ada di dalem Keraton Kacirebonan (gerbang kedua). jadi kalo kamu mau nyobain kuliner khas keraton cirebon ini, kamu bisa mampir ke pawon bogana sekaligus berwisata sejarah keliling dalem keratonnya.

Keraton Cirebon buka setiap hari, dari pagi sampe sore, sedangkan pawon bogana nya buka dari jam 10 pagi sampe jam 9 malem, kadang buka sampe tengah malem (tergantung situasi). Lokasinya asik buat ngumpul..

No comments:

Post a Comment