Review Film Remaja Kekinian "My Generation"


Bulan depan, tepatnya tanggal 9 November 2017 IFI Sinema akan merilis produksi film terbarunya "My Generation", film yang di Sutradarai Upi ini nampaknya berbeda dari film-filmnya yang terdahulu. 

Film My Generation bercerita tentang 4 sahabat SMA, mereka bernama Konji, Orly, Suki, dan Zeke. Empat pemain utama dalam film ini merupakan para pemain baru, tapi kemampuan mereka dalam berakting sudah tidak diragukan lagi. Tokoh yang diperankan oleh para pemain muda berbakat ini memiliki karakteristik yang unik.

Empat sahabat ini gagal untuk berlibur karena video mereka yang memprotes guru, sekolah, dan orang tua menjadi viral di dunia maya, sehingga mereka dihukum tidak boleh pergi liburan. Tapi hukuman inilah yang akhirnya membawa mereka pada kejadian dan petualangan yang memberi pelajaran maupun pengalaman yang berarti dalam kehidupannya.

Orly, cewe kece yang kritis, pinter, dan berprinsip. Orly sedang memberontak tentang kesetaraan gender, berusaha menghancurkan label-label negatif yang yang diberikan kepada kaum wanita.

Suki, cewe cool tapi sedang mengalamai krisis kepercayaan diri (PD) yang berusaha ia tutupi. Krisis PD yang di alaminya semakin menjadi karena sikap orang tuanya yang selalu berpikir negatif terhadap dirinya.

Zeke, cowo rebellious tapi easy going juga loyal kepada para sahabatnya. Zeke mempunyai masalah yang terpendam, dia merasa bahwa orang tuanya tidak mencintai dan tidak menginginkan keberadaannya. untuk mengobati luka yang dipendamnya, Zeke harus berani mengkonfrontasi orang tuanya dan membuka pintu komunikasi yang selama ini tidak terjalin dengan baik.

Konji, cowok polos dan naif ini tengah dilema dengan masa puberitasnya. Ditambah aturan orang tuanya yang kolot dan over protective, hingga pada satu waktu ada peristiwa yang mebuatnya shock dan membuat kepercayaan kepada orang tuanya hilang. Konji mempertanyakan moralitas orang tuanya yang kontadiktif dengan aturannya.

Tak hanya pemain baru bertalenta, di Film My Generation mereka akan beradu akting dengan para pemain film senior, seperti Tyo Pakusadewo, Ira Wibowo, Surya Saputra, Joko Anwar, Indah Kalalo, Karina Suwandhi, dan Aida Nurmala.

Sebelum menggarap film ini, Upi sudah meriset selama 2 tahun. 4 Karakter tokoh ini terjadi di kehidupan nyata yang sehari-hari kita sering lihat atau bahkan kita pernah mengalaminya. Di zaman generasi milenial ini sudah bukan lagi zamannya mengekang anak sesuai dengan keinginan orang tua, terlebih orang tua yang over protectif.

Remaja masa kini lebih aktif, kritis, serba tau, lebih canggih daripada orang tuanya. Sebaiknya biarkan anak-anak milenial ini mengekspresikan dirinya, tetapi tetap harus dipantau oleh orang tuanya agar anak kita tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. Banyak orang tua yang khawatir terlebih dahulu, sehingga mereka melarang anaknya untuk melakukan ini-itu, efeknya banyak anak yang kurang PD dan mereka lebih senang melihat ketimbang unjuk gigi akan kemampuan bakatnya.

Dengan adanya film My Generation ini, diharapkan orang tua masa kini lebih terbuka dan tentunya bisa lebih mengerti keadaan anak zaman milenial ini, sehingga ketika anak mempunyai masalah bisa secara cepat dan tepat terselesaikan karena pemikiran orang tua yang tidak lagi kolot. 

Penasaran film My Generation ini kaya gimana? Coba deh nonton trailernya dibawah ini



1 comment: