• Breaking News

    Pesona Kampung Nelayan Bondet Cirebon


    Nelayan berangkat melaut
    Cirebon terletak di sisi pantai utara jawa atau biasa kita sebut dengan pantura yang merupakan daerah pesisir terpanjang di provinsi Jawa Barat.

    Tak heran jika penduduk Cirebon banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Ada banyak kampung nelayan di Cirebon, salah satunya di Desa Bondet, Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon.

    Bondet terletak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Cirebon. Perahu-perahu yang bersandar dibahu sungai menandakan bahwa masyarakat Bondet masih mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian utama mereka.

    Minggu lalu, saya bersama para jurnalis foto dari forum wartawan pariwisata berburu sunrise ke Bondet ini, namun sayang sekali kami telat datang sehingga momen sunrise terlewatkan, ditambah lagi tidak ada aktifitas para nelayan yang sedang menjual/atau menurunkan ikan dari kapal karena ternyata di tempat pelelangan ikan bondet ini baru mulai aktifitas jual beli ikan pada sore hari.

    Jika pada umumnya nelayan berangkat pada malam hari dan kembali pulang subuh/pagi buta. Di Bondet ini, mayoritas nelayan berangkat melaut pada pagi hari atau subuh, dan mereka kembali pulang mendarat pada siang hari, karena ternyata tempat pelelangan ikan di Bondet ini adanya sore hari, sekitar jam 16.00 WIB.

    Setiap akhir pekan atau hari libur banyak masyakat dari berbagai penjuru di Cirebon membeli ikan langsung dari para nelayan. Mereka membeli ikan pada sore hari karena ikan-ikan yang dijual masih segar.

    Selain berbagai jenis ikan laut, ada pula udang, lobster, rajungan. Kalo kamu ingin menawar harga, tawarlah sewajarnya.

    Dan setiap tahun sekali masyarakat pesisir mengadakan syukuran hasil laut atau Nadran, berbagai rangkaian acara budaya turut memeriahkan acara Nadran ini, namun sayangnya belum ada jadwal resmi mengenai waktu atau tanggal dari penyelenggaraan nadran ini.


    No comments:

    Post a Comment