• Breaking News

    Kerjasama antara Jawa Barat dan Kalimantan Timur untuk pulihkan Ekonomi Sektor Pariwisata

     


    Kegiatan Smiling West Java Direct Promotion ke lima di Kota Balikpapan resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Destinasi Aris Dwi Subiantoro bersama Wakil Ketua Harian Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Propinsi Jawa Barat Herman Muchtar, dan Djoni Sofyan Iskandar dengan membunyikan angklung bersama. Dalam sambutan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Destinasi Aris Dwi Subiantoro, mengatakan kegiatan ini menjadi awal inisiasi positif antar kedua daerah yang harus dimaksimalkan dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat menambah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat serta meningkatkan lama tinggal dan spent of money wisatawan, sehingga terciptanya perputaran ekonomi di kedua daerah. 


    Acara inti dari kegiatan ini adalah Table Top dengan sistem round robin, one on one meeting dimana setiap buyer bisa berdiskusi tanya jawab mengenai paket wisata selama 5 menit dengan para seller secara bergantian, dari meja satu ke meja seller selanjutnya. Table Top yang mempertemukan 33 seller Jawa Barat dan 55 buyer Kalimantar Timur ini dibagi menjadi 2 sesi. 


    Malam harinya, Gala Dinner dibuka oleh Bapak Herman Muchtar, Wakil Ketua Harian Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Propinsi Jawa Barat. kegiatan penutup pada rangkaian Smiling West Java Direct Promotion di Balikpapan. Gala diner dihadiri oleh Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kaltim, PHRI, ASPINDO, ASITA, PUTERI Kaltim, dan para tamu undangan lainnya. Pada sambutannya, Bapak Herman mengatakan ini adalah kegiatan upaya pemulihan ekonomi melalui promosi karena Gubernur Jawa Barat sebelum adanya pandemi Covid-19 menjadikan Jawa Barat sebagai propinsi pariwisata, kita ingin kembalikan kunjungan wisatawan nusantara 65 juta per tahun ke Jawa Barat. Beliau juga berharap dengan keseriusan para seller dan buyer mendapatkan hasil para buyer yang akan membawa para tamu berkunjung ke Jawa Barat. Kami berusaha semaksimal mungkin agar ekonomi bisa pulih kembali. 


    Selanjutnya pemaparan keunggulan, keunikan dan berbagai potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat oleh Djoni Sofyan Iskandar. Hiburan kesenian interaktif khas Jawa Barat  memberikan pengalaman yang luar biasa bagi seluruh pesera yang hadir, dimana mereka dapat merasakan bermain angklung bersama tim kesenian Saung Angkung Udjo.


    Ketua Badan Promosi Pariwisata Kalimantan Timur, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat, berharap pariwisata Kalimantan Timur dan Jawa Barat bisa bersinergi, dari Kalimantan Timur bisa berkunjung ke Jawa Barat, begitu pun sebaliknya. Ketua ASITA Kota Balikpapan, Lili mengungkapkan Smiling West Java Direct Promotion acara yang bermanfaat untuk kita mengenal lebih jauh daerah Jawa Barat, semoga pariwisata Jawa Barat semakin berkembang dan berimbas kepada kami (Balikapapan) untuk mencontoh acara yang diadakan oleh Smiling West Java.


    Setelah Balikpapan, Program Smiling West Java Direct Promotion selanjutnya akan digelar di Makassar, dan Lampung. 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar