• Breaking News

    Ngopi Bareng KAI Bikin Ketagihan Para Pecinta Kopi Nusantara


    Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, ada banyak jenis kopi  asli dari Indonesia atau lebih disebut dengan kopi nusantara, mungkin jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan jenis kopi. Setiap daerah mempunyai ciri khas aroma dan rasa kopi yang berbeda. Untuk itulah PT. Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya PT. Reska Multi Usaha (RMU) yang bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara mengadakan event "Ngopi Bareng KAI".

    Ngopi Bareng KAI sukses di gelar di 11 Kota dan 13 Stasiun Se Pulau Jawa pada tanggal 30-31 Januari kemarin, diantaranya Jakarta Gambir & Senen, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya Pasar Turi & Gubeng, Malang, dan Jember. Gak cuma bagi kopi gratis di stasiun, KAI pun membagikan kopi gratis di 40 pemberangkatan kereta komersil. 200 Barista yang tersebar di seluruh stasiun dan kereta api siap menyeduh kopi sebanyak 50.000 gelas. Kamu bisa dapetin kopi gratis ini hanya dengan menunjukan aplikasi KAI Access di gadget kamu. 


    Salah satu kereta pemberangkatan yang kebagian bagiin kopi gratis adalah Kereta Api Cirebon Ekspres (KA Cireks) dengan jurusan Cirebon-Gambir (PP), dan saya blogger yang beruntung bisa ikut rangkaian event ngopi bareng KAI di kereta ini. Selasa kemarin, dua barista asal Cirebon bersiap tugas untuk membagikan kopi gratis. Ada Mas Aceng, Barista dari Terajeh Coffee yang udah siapin kopi Batak Tolu Sumatera, dan Mas Taufik, Barista Kampus Kopi yang udah siapin 2 jenis kopi dari Kuningan, yaitu Kopi Cibeureum dan Kopi Gunung Aci.


    Menurut dua barista Cirebon Aceng dan Taufik, ini pengalaman pertama mereka nyeduh kopi di atas kereta karena pasti posisinya kegoyang-goyang gak stabil. Event Ngopi Bareng di kereta ini baru pertama kali di gelar, banyak penumpang yang antusias dengan adanya event seperti ini, gak sedikit penumpang yang datang ke gerbong restorasi nunjukin aplikasi KAI Access ke Barista dan Pramugari untuk dapetin kopi gratis.

    Di KA Cireks ini penumpang kereta boleh milih salah satu dari 3 jenis kopi yang disuguhkan. 200 cup kopi yang sudah disiapkan akhirnya habis, meski jumlah penumpang yang tidak terlalu banyak karena weekday. Beberapa penumpang merasa kaget dengan aroma dan rasa kopi yang beda karena ternyata mereka baru pertama kali nyobain kopi asli nusantara, kopi yang diseduh tanpa gula. Meski begitu, para penumpang tetap mengapresiasi event ngopi bareng KAI ini karena akhirnya mereka tau kalo ternyata Kuningan pun punya kopi dengan kualitas yang bagus.

    Ibu Wulan, salah satu penumpang pecinta kopi nusantara mengungkapkan harapan dan pendapatnya bahwa "Acara kegiatan KAI Access ini sangat menyenangkan sekali dan kalo bisa sesering mungkin ya, kebetulan saya pecinta kopi, ini kopi indonesia dan kopi indonesia itu sangat nikmat sekali, dan ini kebetulan saya coba kopi dari kuningan. Semoga banyak yang akan mengayomi kita, kopi Indonesia."

    Selain memang memperkenalkan kopi-kopi nusantara  kepada para penumpang, event ini juga mensosialisasikan kepada para penumpang mengenai aplikasi KAI Access yang bisa kamu download di gadget android maupun iOS kamu, karena dengan aplikasi KAI Access ini, kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk pesan dan cetak tiket kereta api. cukup dengan aplikasi ini, kamu bisa beli tiket, pilih tempat duduk, dan cetak elektronik tiket (e-boarding pass), nah elektronik tiket ini tidak perlu kamu print lagi di stasiun, cukup kamu tunjukan kepada petugas di stasiun sebelum kamu naik kereta.

    E-boarding pass KAI Access ini sudah dirasakan langsung manfaatnya oleh mas Arif yang juga penumpang KA Cireks, menurutnya "Jadikan ini sebagai aplikasi yang tak tergantikan untuk mengakses tiket kereta api melalui aplikasi, sehingga harus ada faktor pembedanya dari yang lain, misal dari padiciti, traveloka, dan segala macem, faktor pembedanya di aplikasinya itu ada enggagement gitu, bisa ditambahin kaya membership, point-point reward. sekarang yang saya udah pake itu elektronik check-in nya ya, itu keren, jadi gak usah ngeprint lagi langsung bablas aja, itu bagus."


    PT. KAI yang bekerja sama dengan komunitas kopi nusantara sukses menyeduh 53.518 cup dari target 50.000 cup kopi nusantara di seluruh stasiun dan kereta api. Di Stasiun Cirebon, event Ngopi Bareng KAI dibuka langsung oleh Kepala DAOP 3, tapi sayang sekali saya gak bisa ketemu dan wawancara langsung kepada beliau karena saya masih dalam perjalanan KA Cireks. Ada 11 booth dan sekitar 30 jenis kopi dari berbagai kedai kopi yang turut berpartisipasi di event Ngopi Bareng KAI. 2713 cup telah dibagikan kepada para pengunjung yang berada di area Stasiun Cirebon. Mulai dari anak SMP sampe kakek-kakek turut menyeruput kopi nusantara di Stasiun Cirebon. 

    Edukasi kopi nusantara kepada masyarakat sangat penting sekali karena banyak masyarakat yang masih awam soal kopi nusantara, rata-rata mereka yang datang menanyakan soal jenis kopi dan daerah-daerah penghasil kopi, tapi tak sedikit juga sudah paham, sharing tentang kopi nusantara antar pengunjung dan barista. Ini momen yang tepat untuk memasyarakatkan kopi nusantara ke masyarakat. "Acara dengan komunitas kopi ini untuk memperkenalkan kopi pada masyarakat luas pada umumnya karena kopi ini kan kopi asli tanpa campuran apapun, kopinya original", ungkap Ibu Meliani, pegawai PT RMU Cirebon.

    Tak cuma membagikan kopi gratis, di booth ini juga kamu bisa beli dan bawa pulang kopi nusantara untuk di seduh di rumah, dan 10 % dari hasil penjualan produk kopi ini untuk kegiatan charity, rencananya akan disumbangkan untuk mereka yang terkena gizi buruk. 



    2 comments:

    1. Singkatannya lucu cireks, kok malah jadi ingat ke cireng ��.

      Sukses event #NgopiBarengKAI nya yaaa

      ReplyDelete
    2. Wah saya kelewatan event kopi yang satu ini

      ReplyDelete